[Share] Dampak Pand...
 
Notifications
Clear all

[Share] Dampak Pandemi Covid 19, Container langka & Harga Pengiriman Export Melambung ?


Mimin Momod
Member Moderator
Joined: 6 months ago
Posts: 26
Topic starter  
Apakah teman-teman exporter merasakan susahnya dan naiknya harga pengiriman ekspor semenjak covid-19 ini ?
 
Jika iya, karena telah terjadi unbalance perputaran stok container di dunia karena mandegnya atau stopnya perputaran perdaganagn dunia pada saat pandemi covid-19 terjadi di dunia.
Bahasa gampangnya adalah Harga pengiriman export ke negara Eropa atau Amerika naik tajam hal ini terjadi karena kelangkaan kontainer untuk mengepak dan mengirim produk-produk kiriman ekspor.
 
Saat ini dampak Covid-19 di dunia telah mengakibatkan kontainer-kontainer menumpuk di satu negara terutama di USA dan di Eropa, Sehingga kawan-kawan exporter ketika memerlukan kontainer untuk pengiriman barangnya perlu mengeluarkan tambahan biaya untuk relokasi kontainer kosong dari negara dimana kontainer menumpuk - yang dilakukan oleh Shipping Line.
Di dalam dunia logistics itulah yang dinamakan teori "REVERSE LOGISTICS"
Reverse Logistics Association (RLA) mendefinisikan reverse logistics secara sederhana, “Semua aktivitas yang terkait dengan produk atau layanan sesudah point of sale”. Reverse logistics mengacu pada semua prosedur terkait untuk pengembalian produk, perbaikan, pemeliharaan, daur ulang, dan pembongkaran untuk produk dan bahan.
 
Dalam konteks kontainer maka produk dalam hal ini adalah si Kontainernya. Analogi yang mirip dalam case kontainer ini adalah reverse logistics untuk bisnis produk RTD (ready to Drink) dengan botol gelas atau air galon yang harus botolnya kembali ke pabrik. Terbayang ketika libur panjang tiba seperti libur panjang akhir tahun dan lebaran atau ketika WFH terjadi maka botol-botol kosong yang seharunya berputar siklusnya dari produksi - stock - retailer - kantor - stock - pabrik : gegara kantornya tutup maka botol-botol kosong mandeg berputar di kantor-kantor tersebut! So, apa yang harus dilakukan ? maka pilihannya adalah injeksi botol baru atau mencari botol di satu daerah yang menumpuk untuk di relokasi. Konsekwensi dari kelangkaan atau mandegnya perputaran stock tersebut mengakibatkan biaya tinggi yang tentunya akan dibebankan ke pelanggan.
 
kembali ke kontainer : saat ini kontainer banyak mandeg di eropah dan di USA karena memang pasar lebih menggairahkan ke arah sana daripada ke Asia dan juga karena tidak balancenya kebutuhan antara jenis kontainer yang masuk ke asia (untuk barang berat) umumnya untuk kontainer kecil 20 Feet sementara untuk ekspor kebutuhannya adalah barang ringan olahan membutuhkan lebih banyak 40 Feet yang besar.
 
So Begitu besarnya dampak covid ini bagi dunia... semoga kita bisa menjaga kesehatan kita!Mari hindari terkena Covid-19 karena Kamar RS covid penuh semua sekarang ini!
 
salam Jum'ah barokahwith Love HK
 
Sumber :

 


lugia liked
Quote
Share: